Raih Keuntungan Berlipat Melalui Internet Marketing

Bagi para pelaku usaha, marketing atau pemasaran merupakan salah satu faktor yang sangat penting untuk kelangsungan usaha yang digelutinya. Namun apa yang dimaksud dengan pemasaran? Berikut pemahaman dasar mengenai pemasaran menurut para ahli marketing.

Internet Marketing untuk Mendongkrak Pendapatan Bisnis

1. Philip Kotler

Menurut Kotler, pemasaran adalah suatu proses dari kegiatan sosial yang diatur oleh satu maupun sekelompok orang dengan maksud untuk mencapai tujuan atau gol melalui pembuatan produk yang ditukarkan dengan nominal tertentu ke pihak lain.

2. William J. Stanton

Menurut William J, Stanton, pemasaran dipahami sebagai sistem keseluruhan dari berbagai kegiatan bisnis atau usaha yang bertujuan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan, mendistribusikan barang atau jasa, dan memberi kepuasan kepada konsumen.

3. Tung Desem Waringin

Sedangkan menurut Tung Desem Waringin, marketing merupakan media yang digunakan untuk mengkomunikasikan sebuah pertambahan nilai yang lebih tinggi.


Bagaimana dengan internet marketing? Definisi internet marketing, pemasaran internet, pemasaran elektronik, e-marketing, atau online marketing adalah segala macam bentuk usaha yang dilakukan untuk memasarkan atau mempromosikan suatu merek, produk, atau jasa melalui media digital secara online.

Secara singkat, internet marketing bertujuan untuk cara pemasaran yang lebih efektif dan efisien dengan mengeluarkan biaya yang seminimal mungkin dan hasil yang sebanya-banyaknya. Hal tersebut dikarenakan internet marketing memiliki manfaat-manfaat yang tidak tersedia dalam pemasaran offline.

Internet Marketing bagi Pelaku Bisnis

Pada dasarnya internet marketing dapat dimanfaatkan oleh pelaku bisnis manapun. Baik pelaku bisnis dengan skala usaha kecil, menengah, maupun besar. Terutama bagi pelaku bisnis skala kecil, keberadaan internet marketing akan dapat menaikkan skala usaha apabila dilakukan dengan tepat dan benar. Dengan naiknya skala usaha tentu akan menjadi suatu peluang meraih keuntungan yang sangat baik bagi para pebisnis.

Jenis usaha juga tidak akan membatasi penerapan digital marketing dalam kegiatan usaha. Pemanfaatan internet marketing terbuka bagi setiap jenis merek, produk dan jasa tanpa terkecuali.

Keunggulan Internet Marketing pada Segi Biaya

Bagi para pelaku bisnis skala kecil, pemasaran secara offline tentu menjadi suatu pertimbangan tersendiri karena cenderung lebih mahal dari segi biaya yang harus dikeluarkan. Dengan digital marketing, biaya yang dikeluarkan akan lebih kecil sehingga pelaku bisnis dapat menghemat anggaran marketing dalam kategori yang sangat besar.

Memaksimalkan Pendapatan Melalui Internet Marketing

Meningkatkan pendapatan secara maksimal dengan mengeluarkan biaya yang seminimal mungkin tentu saja menjadi harapan dan keinginan semua pelaku bisnis. Melalui internet marketing, peningkatan pendapatan dapat dilakukan secara efektif. Terutama dengan kehadiran data statistik yang menggambarkan pertumbuhan pengguna internet atau media digital di Indonesia.

Pada ilustrasi di atas, didapatkan informasi yang menggambarkan pengguna internet di Indonesia yang mencapai 150 juta penduduk pada tahun 2019, dimana terjadi pengingkatan sebanyak 7 juta penduduk jika dibandingkan dengan data statistik tahun 2018. Hal tersebut membuat para ahli berlomba-lomba menciptakan berbagai alat bisnis online yang dapat dimanfaatkan oleh para pelaku bisnis. Dengan adanya pertumbuhan pengguna internet dan semakin banyaknya alat bisnis online yang tersedia, internet marketing tentunya semakin berpotensi meningkatkan pendapatan para pelaku bisnis.

Internet Marketing dengan Target Audiens yang Tepat

Data Statistik Pengguna Internet di Indonesia

Melalui internet marketing, pelaku bisnis dapat melakukan pembidikan target audiens dengan lebih tepat dibandingkan pemasaran yang dilakukan secara offline. Target audiens dapat diriset menggunakan beberapa kategori seperti, lokasi, usia, jenis kelamin, jenis pekerjaan, minat, dan lain-lain. Target audiens akan mempermudah pelaku bisnis dalam menentukan kampanye marketing yang harus dibuat.

Pemanfaatan Sarana untuk Mendongkrak Sasaran Internet Marketing

Data Alat yang Digunakan Penduduk Indonesia untuk Mengakses Internet

Seiring dengan meningkatnya ilmu pengetahuan dan teknologi, kebutuhan papan (primer) manusia juga mengalami perubahan. Smartphone atau ponsel pintar kini sudah menjadi salah satu kebutuhan primer manusia. Data mengungkapkan bahwa sebanyak 94 persen penduduk Indonesia menggunakan perangkat mobile untuk mengakses internet. Hal tersebut membuat pelaku bisnis diuntungkan dalam melakukan kegiatan internet marketing untuk mencapai tujuannya.

Di saat dunia telah memasuki era digital, tentu saja akan lebih baik jika seorang pelaku bisnis mulai bersiap memasang pondasi di dunia digital untuk menghindari disruption yang mengakibatkan kehancuran seperti yang telah dialami beberapa perusahaan raksasa dunia yang masih melakukan bisnis secara konvensional sehingga tidak mampu bersaing dengan pelaku bisnis yang telah mengikuti transformasi zaman.

Ketika bisnis dilakukan secara konvensional, pemasaran yang dilakukan juga tentunya adalah pemasaran offline. Selain tidak dapat menyaingi kehadiran saingan bisnis dalam dunia digital yang semakin digunakan oleh kebanyakan orang pada saat ini, biaya yang dikeluarkan juga relatif jauh lebih besar. Waktu yang dihabiskan untuk melakukan kegiatan pemasaran juga akan lebih banyak jika dibandingkan dengan internet marketing.

Dunia internet sendiri telah mengalami tumbuh kembang yang sangat siginifikan dalam beberapa tahun terakhir ini. Banyak hal yang menarik untuk dipelajari mengenai dunia internet marketing ketika seorang atau sekelompok pelaku bisnis ingin masuk ke dalam pemasaran digital. Manfaat yang akan didapat juga sangat beragam. Bahkan cara atau strategi yang harus dilakukan juga sangat bervariasi. Namun dengan pemahaman yang baik dan penerapan yang konsisten, hasil yang didapat dari internet marketing juga akan lebih maksimal.